Instal Game ke HD Internal di OPL

Deskripsi Iklan

Untuk menginstal game di harddisk internal pada postingan yang lalu sudah dibahas mengenai cara menginstal game di harddisk internal untuk HDLoader dengan menggunakan WinHIIP, dan cara tersebut atau software WinHIIP bisa juga digunakan untuk menginstal game pada harddisk internal bagi pengguna OPL.

 

Namun terkadang proses instal game dengan WinHIIP mengalami kesalahan pembacaan data jika game tersebut dijalankan dengan menggunakan OPL, walaupun jika menggunakan HDLoader game tersebut bisa jalan dengan normal atau tidak ada masalah.

 

Ini karena WinHIIP memang program yang dirancang khusus buat patch-patch dan mode compatibility yang didukung oleh HDLoader, sementara pada OPL yang walaupun format harddisk dan pembacaan data sama dengan HDLoader, namun untuk menerapkan module dan mode compatibility yang digunakannya dengan cara yang berbeda, karena OPL akan menuliskan sendiri mode compatibility di harddisk internal saat game yang disupport tersebut dijalankan di OPL, atau mode compatibility game dibaca OPL lewat file konfigurasi mode game (conf_compatibility.cfg).

 

Jadi sebaiknya untuk sekarang (saat tulisan ini diposting) dalam menginstal game buat OPL untuk patch dan mode compatability tidak perlu diaktifkan atau dengan kata lain proses instal game ke harddisk hanya sebatas menginstal file game saja, dan jika suatu game memerlukan setting mode compatability, maka setting game diatur di OPL saja dan disimpan pada file konfigurasi compatability OPL (conf_compatibility.cfg).

 

Dan salasatu alternatif instal game ke harddisk internal untuk format yang digunakan oleh HDLoader dan OPL yang fungsinya hanya sebatas menginstal game ke harddisk internal adalah PS2 HD Handiness.

 

PS2 HD Handiness ini fungsinya sama dengan WinHIIP yaitu untuk menginstal game ke harddisk internal baik dari file image game (iso, cue, nrg, gi, iml) maupun dari CD/DVD game, serta beberapa fungsi yang lain diantaranya:

 

  • Copy game antar HD PS2,
  • Mengextract game dari HD PS2 ke HD PC,
  • Menghapus data game di HD PS2.

 

Walaupun kemampuan dari HD Handiness (untuk versi 0.75) lebih terbatas dari WinHIIP, namun HD Handiness memiliki kelebihan yaitu kemampuan membaca partisi atau format harddisk PS2 secara otomatis yang terkoneksi dengan PC, serta cara instal game yang hanya sekedar menginstal game saja ke harddisk internal yang bisa mengurangi kesalahan pembacaan data game jika Open PS2 Loader yang kita gunakan.

 

Or there is a better understanding of this problem ???
Please comment to us

 

Okey… sekarang kita mencoba menginstal game ke harddisk internal dengan menggunakan PS2 HD Handiness.

 

Pertama-tama hubungkan harddisk PS2 dengan PC, bisa lewat kabel IDE PC, bisa juga dengan menggunakan kabel USB to IDE, dimana:

 

  • Jika memilih menggunakan kabel IDE PC, maka untuk jumper harddisk PS2 di set ke SLAVE (posisi jumper harddisk biasanya dicantumkan disetiap harddisk ATA/PATA). Tujuannya di set jumper ke slave agar saat menyalakan PC, Bios tidak mendeteksinya sebagai master atau tempat dimana system atau operating system (windows) di instal, dan kelebihan jika menghubungkan harddisk PS2 lewat kabel IDE diantaranya adalah proses instal game akan berjalan lebih cepat jika dibandingkan menggunakan kabel konverter dengan interface USB.
  • Jika memilih menggunakan kabel konverter IDE to USB, maka untuk jumper harddisk tidak perlu dirubah, artinya biarkan jumper harddisk PS2 tetap seperti sebelumnya. Dan untuk proses instalasi game lebih lambat jika dibandingkan dengan menghubungkan harddisk PS2 langsung lewat kabel IDE, ini karena transfer rate dari USB yang lambat dibandingkan interface IDE, namun kelebihannya adalah, adanya system plug and play, yaitu kita tidak perlu susah-susah membongkar casing CPU, matikan system atau merestar komputer saat akan menghubungkan harddisk dengan PC, tapi cukup menancapkan kabel USB pada PC dan harddisk PS2 akan terdeteksi oleh PC, begitupun juga saat akan memutuskan hubungan harddisk PS2 dengan PC, kita tidak perlu matikan PC, tapi cukup safely remove hardware (harddisk PS2), kemudian cabut dan lepaskan harddisk PS2 dari kabel konverter IDE to USB.

 

Setelah sudah dipastikan harddisk PS2 sudah terkoneksi baik dengan PC, maka selanjutnya jalankan PS2 HD Handiness, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.

 

 Pada contoh gambar diatas terlihat kalau 1 harddisk yang dideteksi (hdd1: 152625mb), dan game-game yang sudah terinstal di harddisk ditampilkan pada bagian bawah pada kolom Installed Games on Current HD.

Untuk memulai menginstal game, terlebih dahulu tentukan sumber file game, dimana:

  • Jika menginstal dari game iso yang tersimpan di PC, maka tandai IMAGE to HD (pada IMAGE to Dump),

  • Jika menginstal game dari CD/DVD game atau dari DVD Room, maka tandai CD-DVD to HD (pada IMAGE to Dump).

Dan pada contoh ini saya akan mencoba menginstal game iso Mortal Kombat Shaolin Monks (SLUS_210.87) yang tersimpan di PC, maka untuk IMAGE to Dump di set ke IMAGE to HD, kemudian browse ke harddisk PC dengan sebelumnya mengklik seperti pada tanda panah merah pada contoh gambar diatas.

Dan setelah itu, buka file iso yang ingin di instal, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya pada Game Title Displayed in HDLoader (No Quotes) di tentukan judul game yang nantinya akan ditampilkan pada menu OPL, dan setelah sudah tidak ada lagi yang mau di rubah, maka klik GO untuk memulai proses instalasi.

Tunggu hingga proses instalasi selesai….

Dan setelah proses instalasi selesai dan berhasil, maka pada Installed Games on Current HD akan ditampilkan judul game yang baru di instal seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Okey…..

Jika masih ada game yang akan di instal, maka caranya sama dengan diatas.

Dan sekedar saran, pergunakan WinHIIP dan PS2 HD Handiness untuk manajemen file game di hd Internal khususnya pada OPL, karena masing-masing program memiliki kelebihan yang saling melengkapi antara kedua software tersebut.

Dan setelah sudah tidak ada lagi yang ingin dilakukan, maka tutup PS2 HD Handiness dan lepaskan koneksi HD PS2 dengan PC.

Pasang kembali NA dan harddisk di PS2, kemudian booting Open PS2 Loader.


Pencarian halaman ini:
tutorial memindahkan game ps3 dari hardisk eksternal ke hardisk internal (1), wiinhip diatur (1)

Semoga Bermanfaat

^_^
Deskripsi Iklan

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Twitter | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit | Google

Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.
WWW.ERIFARGAZ.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>