Cara melindungi PS dari hal yang tidak diinginkan

Kali ini erifargaz shera tentang tips untuk melindungi PS kita dari serangan yang tidak di inginkan. tentunya tips ini sangat berguna bagi sobat yang mempunyai pengusaha atau rental PS atau playstation.langsung saja simak tips nya dibaweah uiiinii sooob. Bahan” yang diperlukan engga nyusain ahmat nyarinya, eh… engga susah” amat nyarinya, Anda tinggal sediakan bahan” seperti dibawah ini.

  • 1 buah Port Controller/stik PS1, bekas tapi portnya masih bagus (bisa Anda cari ditempat-tempat servis game)
  • Kabel email 0,4 – 0.5 mm (kabel yang memiliki lapisan khusus yang biasa dipakai pada gulungan dinamo atau travo, dapat dicari ditoko elektronik)
  • Selang kecil (diameter kira” 4 mm atau lebih, banyak dijual ditoko bahan bangunan)
  • Colokan AV (banyak dijual ditoko elektronik)
  • 2 buah colokan stik yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara bikinnya

Terlebih dahulu Anda mengukur berapa kira” panjang antara TV Anda (tempat orang main) dengan tempat PS2 akan Anda simpan, jika sudah dapet, potong selang sesuai ukuran yang Anda perlukan, kemudian potong juga kabel email sekitar 40 cm + panjang selang (kabel email lebih panjang 40 cm dari pada panjang selang) sebanyak 18 potongan, cara motong kabelnya seperti cara waktu memotong kabel untuk stik (baca di stik/controller), bedanya ukuran panjangnya dan di bentangkan sebanyak 9 kali putaran dan Anda akan mendapatkan 18 potongan kabel email yang sama panjang, dan jika sudah, alangka baiknya ke 18 potongan kabel email tadi Anda gulung dulu, supayah kabelnya engga kusut,

Masukkan kabel email tadi diselang yang sudah Anda siapkan, karena disini kabel dan selang bisa mencapai 10 meteran atau lebih, bagi saya pribadi ini tahap yang paling menantang/susah,.Kalau selang engga terlalu panjang, Anda bisa pake trik seperti cara membuat kabel stik (baca di stik/controller), tapi jika kawatnya susah untuk dimasukkan diselang yang lumayan panjang, maka coba ambil paku kecil (yang bisa masuk diselang), kemudian diujung paku kita kaitkan benang, masukkan paku diselang, dan gunakan magnet yang kuat (saya pake magnet bekas loudspeaker) untuk menarik dari luar selang sedikit demi sedikit paku yang ada didalam selang sampai diujung selang yang satunya, supaya pakunya engga nyangkut”, saya saranin supayah selangnya dibentangkan (diluruskan), Butuh kesabaran untuk trik ini dan jika benang sudah masuk sampai ujung selang, maka ujung yang satunya kita kaitkan kabel email yang 18 potongan tadi, tarik benang diujung berlawanan secara perlahan sampai semua kabel masuk dalam selang, huuu….. .

Tapi…., jika kaga bisa masuk” juga kabelnya ke selang, coba lagi trik ini. Selang harus Anda potong 2 atau 3 (cuma selangnya yang dipotong, kabel emailnya tidak dipotong), sediakan kawat yang lebih panjang dari potongan selang tadi, kaitkan ke 18 potongan kabel email dikawat, dan ujung kawat yang lain kita masukkan kedalam selang, lakukan trik ini sampai semua potongan” selang tadi masuk, dan jika sudah masuk semuanya tinggal kita isolasi sambungan selang supaya engga pisah”.

Langka selanjutnya, buat 2 lagi potongan selang kira” 30 cm, 2 potongan selang ini kita gunakan sebagai cabang dari selang yang nantinya tiap ujungnya kita sambungkan dengan colokan stik. Bagi 2 dari kabel email tadi (18 kabel), jadinya tiap bagian ada 9 kabel, kemudian ke 9 kabel email ini kita masukkan diselang yang sudah Anda potong tadi (30 cm). jika kabelnya sudah masuk, pasang colokan stik PS2 diujung selang yang satunya. Cara buka colokan stik, pasang, tutup kembali colokan stik, coba baca di tips stik/controller, cuma bedanya disini adalah, Anda harus menambahkan 1 pin lagi dicolokan stik ( jadinya 9 pin, pin bisa kita ambil di colokan stik yang lain), lakukan sampai kedua cabang selang terpasang colokan stik dan gunakan isolasi untuk menyatukan ketiga sambungan selang, seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya kita pindahkan perhatian ke port controller PS1 nya, sebelum Anda menggunakan/menyolder sambungan kabelnya terlebih dahulu semua jalur ke 18 slot kita putus dulu ( antara slot port tidak ada yang tersambung, Anda bisa menggunakan silet untuk memutus jalur di PCB port controller PS1), jika sudah, Cek dengan AVO meter, pastikan tiap port tidak ada yang bersambungan.

Kemudian pasang kabel” email di PCB, dengan cara patokan sambungan kabel seperti gambar dibawah ini.

Untuk mencari sambungan kabelnya yang sesuai, Anda bisa menggunakan AVO meter (Set ke OHM), tempelkan tes AVO meter ke salah satu pin colokan stik yang ingin Anda pasang kabelnya di PCB, kemudian cari sambungan kabelnya di ujung kabel dengan mentesnya satu” sampai didapat sambungannya (Jarum AVO meter bergerak), jika sudah dapet, solder kabel emailnya ke PCB Port controller PS1 sesuai gambar diatas. lakukan satu demi satu sampai ke 18 kabel terpasang disambungannya masing”, Periksa kembali untuk memastikan kabel sudah tersambung dengan benar dan tidak ada pin yang bersambungan (koslet), jika sudah selesai, kira” gambarnya seperti dibawah ini

Selanjutnya untuk kabel AV nya, Anda bisa membelinya sendiri di toko elektronik yang sudah jadi, dan jika kabel AV nya Anda rasa pendek, Anda bisa berkreasi lagi dengan Kabel AV buatan Anda sendiri yang panjangnya terserah Anda sendiri, Anda tinggal membeli colokan AV 1 pasang, dan pasang disetiap ujung kabel yang sudah Anda bikin (Isi kabel AV nya 6 kabel email, 4 kabel untuk audio (merah dan putih) dan 2 kabel untuk video (kuning)), Saya yakin Anda sudah bisa membuatnya sendiri.

Jika semuanya sudah siap, Anda tinggal memasang port controller PS1 di bawah TV Anda (Jika Anda menggunakan meja dari kayu, pasang dengan skrup di ke dua ujung port PS1 dan jangan lupa jepit selang dengan aluminium atau seng dan dipasang dengan skup juga), Sementara untuk Playstation 2 nya, Ya…. Terserah Anda, Mau nyimpannya dimana, mau dikamar khusus, dikamar tidur juga bole,….. he…he…he… PS gue……

Pasang colokan PS2 diplaystation, jangan sampai kebalik colokannya (colokan 1 di port 1 PS2, colokan 2 di port 2 PS2), sementara untuk kabel AV nya, Kabel AV dari game kita pasang disambungan kabel AV yang sudah Anda bikin tadi, Sementara ujung kabel yang satunya disambung langsung ke port AV TV.

Selesai……


Pencarian halaman ini:
spanduk rental ps (10), stiek ps1 dan ps2 sama apa beda (1)

Semoga Bermanfaat

^_^

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Twitter | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit | Google

Mari Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.
WWW.ERIFARGAZ.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

eXTReMe Tracker